Aslamiah, S.Pd

Aslamiah, SH, S.Pd, Lahir di Desa Lubuk Jaya, 25 Maret 1981, Guru PPKn di SMPN 1 Tanjungpura Kab. Langkat Sumatera Utara, suami Syaiful Ikhwan, putra dan putri ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Curhatan Hati SiswaKu (Tantangan Gurusiana Hari ke8)
Kegiatan rutin setiap hari rabu berliterasi

Curhatan Hati SiswaKu (Tantangan Gurusiana Hari ke8)

Rabu berliterasi kegiatan rutin dilaksanakan setiap minggunya di SMP Negeri 1 Tanjung Pura. Siswa membaca buku diteras sambil menuliskan kembali isi dari buku yang dibaca.

Kegiatan ini dilakukan agar minat siswa membaca menjadi lebih baik dan meningkat. Selama 15 menit membaca, kemudian beberapa siswa maju kehalaman untuk membacakan resensi dari buku yang dibaca.

Menyebutkan judul buku, siapa pengarangnya, penerbit dari mana dan sedikit isi buku. Untuk maju kedepan siswa merasa tidak percaya diri, malu dan grogi. Bakat siswa tidak ada yang tahu, namun ketika beberapa dari mereka maju dengan rasa percaya diri tampil itu sudah luar biasa.

Awalnya kegiatan ini terlihat siswa bosan dan tidak ada minat membaca, namun pelan dan terus di motivasi agar mereka menyukai membaca terus kulakukan.

Terlihat beberapa siswa sudah mulai menyukai membaca, tanpa disuruh mereka sudah mengambil buku di gerobak baca. Walaupun masih ada yang tidak peduli, masih bercerita sesama teman. Pada akhirnya mereka semua semakin menyukai membaca buku.

Berbicara dengan hati, bahwa dengan rajin membaca, menambah wawasan dan membuka jendela dunia. Dimulai dari sekarang suka membaca lama - lama pasti terbiasa.

Tantangan bagi siswa sebelum liburan semester, mereka harus menuliskan pengalaman saat liburan. Menuliskan apa yang dirasakan, dialami saat liburan. Dalam 3 minggu mereka tidak membaca buku tetapi menulis pengalaman mereka. Curhatan hati mereka, boleh menuliskan apapun saat liburan. Sedikit tantangan bagi mereka boleh menuliskan tentang buk Aslamiah.

"Siapa yang punya hp, yang ada facebook dan WA?" tanyaku. Serempak siswa mengacungkan tangan. Dengan sedikit tersenyum, "jika dituliskan percakapan kalian ke buku berapa lembar," kutanya sambil memandang serius mereka. Salah satu siswa langsung menjawab " banyaklah, buk".

"Sekarang coba kalian tuliskan pengalaman kalian, dikertas dabal folio yang ibuk suruh bawa, hari rabu kemaren kan, anggap saja lagi menulis di status facebook dan di WA.

Waktu 30 menit tidaklah cukup bagi mereka menuliskannya. Ada yang masih menulis di buku, dengan alasan nanti dipindahkan. Terakhir motivasi ku sampaikan kepada mereka, bahwa mereka sudah memulai sesuatu yang mungkin belum di mulai orang lain. Baca lagi dirumah dan, lihat pengulangan kata, kemudian perbaiki. Jangan lupa rabu depan kita kumpul. Jika tulisannya selesai dan terbaik, nanti kita terbitkan.

Curhatan hati siswaku, kuingin menerbitkan karya mereka. Memotivasi agar mereka terus suka membaca dan menulis.

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke-8

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Karena memang curhatan paling mudah dituliskan oleh mereka. Semoga ini akan menciptakan habit pada diri mereka. Alah bisa karena biasa. Inspiratif, Bunda. Bisa dicontek niii. Maaf, Bunda sayang. Ada beberapa typo, mungkin karena Bunda keasyikan baca curhatan siswanya ya. Ada beberapa kesilapan dalam menuliskan kata depan dan imbuhan. Misalnya diteras, kehalaman, kedepan, dikertas, dirumah, seharusnya penulisannya dipisah di teras, ke halaman, ke depan, di kertas, di rumah. Salam literasi, Bunda. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah..., Bunda.

22 Jan
Balas

Kata "di mulai" seharusnya "dimulai".

22 Jan

Bundaaaa... Mks ya. Br baca komentar terlalu asik menulis. Insya Allah lebih rajin membaca lagi.. Masukkannya kerennnnn..

04 Feb



search

New Post